It’s not my fault

Di tahun baru ini saya baru saja menyadari budaya yang ternyata sudah membusuk di Indonesia ini.. Ok, jangan Indonesia deh, terlalu luas cangkupannya. Saya batasi dengan lingkungan di sekitar saya. Sedih sekali melihatnya, dan entah kenapa setiap kali saya mendengar kalimat itu, saya mendadak jadi kesal tujuh keliling dibuatnya.

“Oh, itu bukan salah saya kok. Saya cuma disuruh oleh si A. Saya si tidak tahu menahu soal itu”

Sedih sekali mendengar hal itu.. Masalahnya saya tahu bahwa dia memang melakukan kesalahan itu, dia tidak disuruh oleh A (hanya meminta ijin dari A), dan  dia tahu benar soal itu.

Kadang-kadang saya kecewa dengan budaya itu. Saya pernah sekali waktu mendengar budaya ABS (Asal Bapak Senang) dan memang budaya tersebut masih ada sampai sekarang di Indonesia, tidak swasta, tidak negri. Hal ini ternyata mirip dan menambah lagi alasan kenapa saya sedih dengan Indonesia.

Terkadang saya iri dengan negara-negara maju seperti Jepang dan negara-negara di Eropa.  Mereka tidak mencari-cari alasan apabila mereka melakukan kesalahan.

“Maaf, saya terlambat.”

Itu saja yang keluar dari mulut mereka. Cobalah lihat orang Indonesia:

“Aduh, sori, tadi ban mobil saya bocor. Saya sudah mencari-cari ke mana-mana tapi tidak ada orang yang mau membantu saya. Apalagi tadi pagi saya merasa tidak enak badan, tapi saya paksakan masuk. Jangan potong gaji saya ya..”

Ada saja alasan yang keluar dari mulut kita.. Memang itu budaya kita sih ya. Kenapa kita tidak simpel saja apabila melakukan kesalahan dan sekedar meminta maaf dan tidak mencari-cari kesalahan? Apabila kita memang bersalah, maka akuilah kesalahan itu dan meminta maaf kepada pihak yang dirugikan. Sebuah kata maaf dapat melakukan apa yang seribu alasan tidak dapat lakukan.

Iklan

One thought on “It’s not my fault

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s