GZ, Survival Guide

Seperti postingan sebelumnya tentang GuangZhou, banyak banget pengalaman baru di sini.. Gw  share apa aja sih yang sebenernya dibutuhin di negri orang, terutama di GuangZhou ini..

(Semi ambil comot dari sini: Claude C Kenni )

1. Komputer + Freegate

Oke.. Ketika kau ada di negri orang untuk waktu yang lama, kau pasti butuh komputer. Baik itu untuk FB-an, edit foto, maupun main game dan tugas. Tetapi di negri tirai bambu ini, ternyata pemerintahnya juga memasang tirai bambu digital untuk dunia maya, sehingga untuk beberapa website seperti facebook, twitter, dan youtube menjadi tidak dapat diakses. Kebutuhan untuk FB dan Twitter bagi WNI sudah seperti nafas hidup, sehingga program proxy seperti freegate dibutuhkan dan akses FB, Twitter dll dapat dibuka kembali.

2. Food. 

Manusia perlu makan.. itu sudah pasti.. tapi ketika anda berada di negri yang 90% masakannya adalah BABI, melewati bulan pertama tanpa menjadi mual dengan wangi babi adalah hal yang mustahil. Usahakan mencari makanan yang bervariasi sehingga kebosanan akan satu jenis makanan dapat dihindari. Restoran masakan mandarin pada umumnya lebih berminyak dari masakan indonesia. Terkadang masakan itu berbau jeroan babi atau rempah obat. Ketika memilih restoran apabila sudah tercium bau-bau masakan yang agak aneh maka sebaiknya hindari dan cari restoran lainnya. Masakan di mall-mall besar juga tidak menjamin bahwa masakan yang dinikmati dapat dinikmati dengan menyenangkan karena pengalaman saya pernah masuk ke satu buah restoran 5 berlian (rattingnya sama dengan 5 bintang kalau hotel) dan yang ada di menu adalah cacing cah bawang putih (yup, that’s worm) dengan harga yang… umm… bikin tipis dompet lah pokoknya.

3. Transportation Card.

Transportasi di GZ beraneka ragam, mulai dari Busway, Taxi, hingga Subway atau yang lebih dikenal dengan 地铁(Ditie). Kartu transportasi ini menjadi kebutuhan yang wajib dimiliki karena dengan kartu ini ketika memasuki bus atau ditie, kita tinggal meng’tick’ kartu tersebut pada reader dan saldo uang kita pada kartu ini langsung terpotong. Kartu ini memiliki berbagai macam gambar dan jenis, namun satu hal yang pasti. Apabila kita memiliki kartu ini, maka setiap bulan setelah melakukan perjalanan 15 kali, maka kita mendapatkan diskon 40%.. enak banget kan?

4. Shoes and Bags.

Di GZ, public transportation menjadi alat utama anda berpindah dari titik A ke titik B. Ketika anda adalah siswa asing di luar negri, anda praktis tidak mungkin memiliki motor, apalagi mobil di sini (anw, sepeda motor di ban di GZ). Transportasi paling keren anak sekolahan adalah sepeda boseh yang tentu saja diboseh. Kekuatan kaki menjadi yang utama untuk modal jalan-jalan. Sepatu dan tas menjadi faktor utama, terutama apabila anda adalah wanita. Kenyamanan sepatu menjadi nomer satu. Ketika sepatu anda tidak nyaman, praktis anda tidak akan nyaman berjalan jauh. Tas juga menjadi hal yang penting karena semakin berat tas anda, maka energi yang anda gunakan semakin banyak. Usahakan sepatu yang digunakan nyaman untuk dipakai jalan jauh dan tas yang digunakan dari bahan yang ringan.

 5. Weather Report and Personal Health Kit.

Di Indonesia, ramalan cuaca tidak terlalu penting karena ketika musim hujan pastilah hujan dan ketika musim panas pastilah panas. Di GZ, cuaca sangatlah tidak menentu. Suatu hari pernah sangat panas (31 C) dan besoknya drop hingga 15 C. Ngeri. Ramalan cuaca digunakan untuk persiapan. Sesuai dengan peribahasa: bawalah payung sebelum hujan. 🙂

Ketika cuaca menjadi kejam, kebutuhan akan lip balm dan hand lotion menjadi nomer satu. Udara kering di GZ sangatlah kejam terhadap bibir dan kulit anda. Tidak peduli anda lelaki atau wanita, hand body dan lipbalm menjadi hal yang wajib digunakan apabila anda tidak mau bibir dan kulit anda pecah-pecah. Obat-obatan pribadi juga diperlukan ketika cuaca tidak bersahabat sehingga badan anda tetap bugar dan sehat.

And yeah, that’s it. 5 hal yang paling dibutuhkan di GZ.. semoga bermanfaat 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s